Sabtu, 17 Desember 2011

Kelompok Tani Mega Jaya

A.    KELEMBAGAAN

Nama CBO “MEGA JAYA” diambil dari Kata “Mega” yang diartikan Langit, yang dalam istilah jawa khususnya masyarakat Desa Kalidesel dapat diartikan “Lamuk”, yang mengandung maksud memiliki kesesuaian dengan nama Dusunnya yaitu Dusun “Lamuk” Desa kalidesel. Sedangkan Istilah “Jaya” diartikan sebuah kesuksesan atau keberhasilan dalam berkelompok, atau sesuai dengan maksud dan tujuan dalam berkelompok. Oleh karenanya nama kelompok atau CBO dinamakan kelompok “MEGA JAYA”.
Dan untuk “Alamat”  Kelompok Mega Jaya ada di Dusun Lamuk, Desa Kalidesel , Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah.
Sebagai alat untuk mengesahkan kelembagaan atau kelompok. CBO Mega Jaya memiliki surat pengesahan dari Kepala Desa Kalidesel  No 4 Tahun 2008, (terlampir 1`) juga memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kelompok (terlampir 2).
Guna kelengkapan administrasi serta dokumen transparansi antar kelempok Mega Jaya mempunyai rekening bank tersendiri. No akun bank tersebut yaitu BRI NO 6994-01-004469-53-4.

B.    SEJARAH BERDIRINYA KELOMPOK
Kelompok Mega Jaya didirikan pada Tahun 1999, pada saat era reformasi, yang didirikan oleh Kepala Desa Kalidesel. Pada perkembangan kondisi politik awal reformasi tersebut nama “MEGA WATI” menjadi sosok sentral dalam perkembangan politik, oleh karenannya nama “MEGA” juga tidak lepas dari persoalan tersebut.
Namun demikian hal mendasar terbentuknya Kelompok Tani “Mega Jaya” merupakan panggilan para pengurus Kelompok tani dalam rangka untuk mampu bertindak memperkenalkan lebih jauh
Dalam hal berdirinya Kelompok Mega Jaya, tidak lepas dari adanya kegiatan Penanaman Kopi di Dusun Lamuk, dalam kerangka kegiatan Konservasi dan dalam perkembangan selanjutnya kelompok Mega Jaya bergerak dibidang Peternakan dan juga Simpan Pinjam Kelompok dengan melaksanakan pertemuan rutin selapanan.

C.    PRESTASI YANG PERNAH DIDAPAT
Sebelum Berdirinya kelompok “Mega Jaya” sebagian besar Pengurus dan anggotanya merupakan anggota bahkan juga pengurus kelompok tani “Sari Bunga” yang terlebih dahulu mendapatkan “prestasi dalam Bidang Peternakan” Tingkat Propinsi dalam hal Peternakan Sapi dan menjuarai peringkat ke III. Dan setelah terbentuknya Kelompok Mega Jaya, belum ada penghargaan yang diperoleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar