Senin, 02 Januari 2012

Sido Mulyo

IDENTITAS KELOMPOK TANI
Nama CBO                 :           Kelompok Tani Sido Mulyo
Alamat                        :           RT 14 RW 7 Dusun Jawera Desa Kalidesel Kecamatan Watumalang kabupaten Wonosobo
Nomor Telpon/Hp       :           081227016282
Legalitas kelompok     :           SK KEPALA DESA Nomor 7 Tahun 2008  Kepala Desa Kalidesel
No Rek                        :           6994-01-004029-53-8

Sejarah berdirinya kelompok
Kapan Kelompok tani  dibentuk
Kelompok Tani Sido Molyo ini dibentuk sejak tahun 2008 dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa Kalidesel  pada 16 maret tahun 2009
Bagaimana sejarahnya
Sejarah berdirinya kelompok Tani Sido Molyo di Dusun Jawera Desa Kalidesel dikarenakan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian disektor pertanian, karena petani pada saat ini merasakan produktifitas lahan semakin menurun dan kepemilikan lahan juga semakin menyempit. Ditambah tingkat kesuburan tanah semakin hari semakin menurun.
Harga jual hasil pertanian yang tidak sebanding dengan biaya produksi yang terus meningkat ditambah biaya hidup yang semakin tinggi, mendorong para petani memacu lahannya untuk terus menerus diolah memproduksi tanaman tembakau, kentang, jagung dan holtikultura lainya,  untuk bisa menghasilkan komoditas pertanian tanpa memberikan lahannya untuk beristirahat. Pengolahan lahan yang terus menerus walaupun dengan penembahan pupuk kimia yang setiap tahun terus meningkat ternyata juga tidak membuat petani pendapatannya meningkat,
Karena beberapa hal tersebut di atas maka  petani di dusun Jawera ini sebelum terbentuk kelompok juga sangat meraskan tidak ada akses informasi yang langsung dan Formal dari pemerintah, sehingga petani disini belum juga bisa melakukan komonikasi dengan pemerintah.
keadaan inilah yang membuat beberpa petani sadar bahwa perlu ada sebuah kelompok tani agar bisa mendapatkan akses informasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat di dusun Jawera Desa Kalidesel ini. Dengan harapan dengan dibentuknya  kelompok Tani Sido Mulyo di Dusun Jawera Desa Kalidesel kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo ini para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Sido Mulyo bisa meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan lahan dan bidang-bidang yang lain untuk menambah  pendapatan bagi warga masyarakat di dusun Jawera tanpa merusak lahan yang dimiliki untuk memenui hidupa anak cucu dimasa depan.

Capaian prestasi tahun 2010
Pada tahun 2010 yang lalu melalui program SCBFWM telah berhasil miningkatkan kelengkapan administrasi dan juga kegiatan secara fisik. Kegiatan yang berupa penunjang kelengkapan CBO diataranya yaitu pembuatan Pengukuran dan pemetaan ini sudah dilakukan oleh kelompok prioritas pertama lokasi yang akan dijadikan dempol dan lahan milik anggota kelompok sejumlah 25 orang pemilik lahan dan total luas 5,5442 ha tahun 2010. Pengukuran dan pemetaan ini di lakukan oleh pengurus kelompok tani dengan menggunakan alat GPS. Pada tahun 2010 yang lalu kelompok memiliki dana yang berasal dari swadaya anggota telah berhasil mengumpulkan dana untuk modal kelompok sebesar Rp 2.500.000

Keorganisasian Kelompok Setruktur Pengurusan Kelompok Tani Sido Molyo
Ketua    :               1.            Mujiono
              :               2.            Sarwoto
Sekretaris                          :               Nurfauzi
Bendahara                         :               Irfanudin
SEKSI-SEKSI
Seksi Pertanian                 :               Misrinah
Seksi Konservasi              :               Muhtono
Seksi usaha                       :               Sertani

B.Keanggotaan kelompok

Mayoritas keanggotaan kelompok tani Sido Mulyo adalah warga masyarakat dusun Jawera desa Kalidesel. Masyarakat daerah ini sangat terpencil dan juga akses jalan yang ada di dusun itu pun banyak yang mengalami kerusakan. Walau dengan keadaan dan fasilitas public yang kurang baik kelompok Sido Mulyo tetap memiliki pemikiran dan gagasan untuk memajukan lingkungan dan sarana prasarana masayarakat dusun Jawera. Dengan keberadaan kelompok tani ini anggota yang mayoritas warga dusun Jawera ini merasa mudah untuk berkoordinasi dan berinteraksi kepada anggota satu sama lain. Bukti kerukunan dan kekompoakan anggota walau dalam keadaan ekonomi yang sulit, akan tetapi warga masyarakat memiliki  rasa sosial dan kepedulian  yang tinggi. Buktinya adalah terkumpulnya modal swadaya masyarakat untuk kelompok telah berhasil dikumpulkan walau nilai nominalnya hanya dalam kisaran 2 jutaan. Berikut ini data keanggotaan kelompok Sido Mulyo, dana data sosial :


C.Kegiatan utama yang dilakukan kelompok

Kegiatan utama yang dilakukan oleh Pengurus dan Anggota kelompok Tani adalah bertani dengan menanam tanaman tembakau, jagung kentang, kubis, wortel, cabai dan sayur mayur lainya. Sebagai tanaman komoditas yang biasa dibudidayakan oleh petani anggota kelompok Tani yang berada di dusun Jawera.

D.Kemajuan dan perkembangan kegiatan.
Kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sido Molyo dalam meningkatkan kapasitas pengurus dan Anggota kelompok adalah:
1. Pelatian Administrasi dan keuangan dan pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh instansi pemerintahan kabupaten dan Desa serta lembaga-lembaga yang berkepentingan meningkatkan kapasitas Kelompok tani sebagai modal pengelolaan menejemen kelompok dimasa yang akan datang agar organisasi kelompok Tani ini bisa ada Kemajuan yang berarti untuk pengurus dan anggota.
2.Melakukan penyadaran terhadap anggota untuk melakukan model pengolahan lahan yang ramah lingkungan dengan melakukan penanaman tanaman keras pada setiap batas kepemilikan lahan yang dimiliki oleh petani
3.Membangun kesadaran untuk saling tolong menolong kepada sesama anggota kelompok dengan mengadakan pertemuan dan simpan pinjam kepada Anggota dengan harapan kedepan Bisa mewujudkan Koperasi sebagai unit usaha permodalan yang di miliki oleh petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar