Senin, 23 Juli 2012

Program KKN Universitas Cokroaminoto Yogyakarta tahun 2012

                                           KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, dimana mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan yang telah disusun untuk dapat direalisasikan, bagaimana bersosialisasi, berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat dalam suatu tempat atau wilayah tertentu dengan menerapkan disiplin ilmu yang dimiliki kepada masyarakat.
Lokasi Kuliah Kerja Nyata kelompok 5 ditempatkan di Kampus Universitas Cokroaminoto Yogyakarta dan sekitar desa Gambiran Umbulharjo DIY. KKN Kelompok 5 ini menyusun banyak kegiatan baik sosial, pembangunan fisik, bantuan sarana prasarana dan kegiatan kerohanian. Banyak dukunganyang kami dapatkan dari masyarakat yang turut membantu dan mensukseskan berlangsungnya seluruh kegiatan KKN kelompok 5 ini. 
Dari hasil survey dan observasi yang dilakukan dapat kami ambil beberapa sektor penting bahwa di lingkungan masyarakat ini masih memerlukan pembenahan  baik dari sektor fisik maupun non fisik. Kurangnya pengetahuan dan manajemen membuat penulis mencoba untuk membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan penulis. Untuk kampus Universitas Cokroaminoto Yogyakarta sendiri kami mengamati masih banyak insfrastruktur dan bangunan fisik yang harus banyak diperbaiki. Oleh sebab itu penulis mencoba dan melaksanakan kegiatan yang bersifat membantu dengan kemampuan penulis. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai dengan masalah yang timbul. Adapun program tersebut yaitu aspek kesehatan dan sosial yang terdiri dari kegiatan bantuan Posyandu aspek dakwah islamiya yaitu pemberdayaan TPA Program ini dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat Mushola Al-hidayah. Aspek ekonomi misalnya membantu dan memberikan penyuluhan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh masyarakat Gambiran, karena dalam observasi kami menemui banyak pelaku wirausaha kecil.
adapun anggota KKN UCY angkatan 31 adalah : 
  1. Dian Yutistia
  2.  Tjahyono Nambi
  3.  Nurbatin salamto
  4. Kristiana Kurniawati
  5.  Unus Sanusi Sidiq
  6. Rr. Tuti Sulistyowati
  7. Cicik Oktaviani
  8. Heru Edi Wijayanto
  9. Agus Budiyanto
  10. Sukoco    
DPL :  Dra. Hj. Difla Nadjih, MS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar